Kenkou Dolls – Boneka Gigi


Berawal dari penyuluhan kesehatan gigi kepada anak-anak kecil, Anggi yang seorang mahasiswi kedokteran gigi mendapat ide agar penjelasannya mudah diterima oleh anak-anak tersebut. Karena anak-anak kecil suka belajar sambil bermain, mulailah ia membuat karakter boneka dengan gigi palsu, yang ia sebut Kenkou Dolls. Boneka yang ia jahit sendiri pun ternyata diminati dan dipesan oleh teman-temannya sesama mahasiswa kedokteran gigi dan para dokter gigi. Dari yang awalnya tidak berniat bisnis akhirnya mulai serius diproduksi sejak September 2010, dan ia kini memakai jasa vendor boneka.


Nama Kenkou sendiri dalam bahasa Jepang artinya “kesehatan”. Kenkou Dolls membuat boneka karakter gigi sehat, gigi sakit, dan boneka kuman. Boneka-boneka ini pun diberi nama, Dente untuk gigi sehat, Kenkou untuk gigi sakit, dan karakter lain sesuai warna/motif boneka (Mr.Bluey, Miss Redy, Flowery). Yang unik si gigi sakit ini sengaja dibuat berwajah sedih dengan giginya yang bolong, patah, dan lidahnya jamuran. Boneka gigi ini dijual seharga Rp150k (size medium) dan Rp200k (size big). Buat yang tertarik bisa lihat boneka-bonekanya di Facebook Kenkou Dolls & Souvenirs. Pemesanan melalui Anggi 0852 1520 3160 atau email kenkou.ds@gmail.com. Follow juga twitter @KenkouDS.

InstaOyeah
Selain boneka, Kenkou DS (Dolls&Souvenirs) juga memproduksi gantungan kunci, gantungan hp, lampu, mug, dan kaos. Souvenir-souvenir ini dibuat karena kebutuhan dokter gigi tidak hanya untuk penyuluhan saja, tetapi juga mereka juga membutuhkan souvenir untuk diberikan kepada pasiennya, bisa semacam hadiah ke anak kecil yang sudah mau datang untuk periksa giginya (biasanya kan anak kecil suka takut ke dokter gigi, jadi mereka dapat reward karena sudah berani datang). Distribusinya sendiri memang melalui sesama mahasiswa kedokteran gigi dan dokter gigi yang kini hampir tersebar di seluruh Indonesia. Range harga souvenir-souvenir ini mulai dari Rp3k hingga Rp75k.

Kenkou DS pun sudah mendapat penghargaan dari Wirausaha Muda Mandiri 2011 untuk kategori Mahasiswa juara Terinovatif se-Nasional. Kemudian sempat dibawa ke Singapura mengikuti lomba kedokteran gigi se-Asia dan mendapat juara 2 untuk ide bisnis dan penyuluhan gigi, wow hebat yah. Rencana ke depan, Anggi ingin bekerjasama dengan perusahaan besar lalu menjadikan Kenkou Dolls sebagai icon unjuk kesehatan gigi Indonesia.

Anggi yang kuliah jurusan Kedokteran Gigi di USU-Medan (angkatan 2009) ini mempunyai pedoman bahwa “Sebagai anak muda harusnya semangat kita lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang sudah berumur. Kita harus berguna buat orang sekitar, jangan sampai ketika lulus kuliah merengek -rengek mencari kerjaan. Kalau bisa kita ciptain lapangan kerja untuk diri sendiri dan orang-orang sekitar. Mumpung masih muda manfaatin 24 jam waktu kita untuk melakukan hal yang berguna.” (GN)

FacebookTwitterLinkedInEmail
Sebarkan link halaman ini : http://bit.ly/U7dCW4
Creative Commons License  myOyeah by www.myoyeah.com is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.
Scroll to Top